Sabtu, 12 Desember 2009

Menggunakan VST instrument pada software recording

haloww...lagi, pada pembahasan kali ini (kaya ngajar gue teh...) saya akan membantu bagi kawan-kawan semua yang belum bisa menggunakan VST Instrumen. software apa saja yang memiliki fitur VST...ya banyak banget...salah satu contohnya adalah Guitar Rig. Jadi software Guitar rig ini memiliki 2 versi yaitu, standalone dan VST (sudah satu paket). Pada posting sebelumnya telah dibahas bagaimana merekam dengan menggunakan Guitar Rig versi standalone.
Keuntungan yang anda peroleh dengan adanya VST ini adalah anda tidak perlu lagi mengexport-import seperti halnya merekam dengan menggunakan Guitar rig versi standalone.
Software recording yang kali ini saya gunakan adalah adobe audition 3. Sebenarnya penggunaan pada software recording yang lain hampir sama hanya saja anda harus mengetahui dimana tempat pengaturan untuk VST plugginnya. Langsung saja
nb: klik gambar untuk lebih jelasnya

Misalkan anda telah merekam sound gitar pada track 1 dengan menggunakan adobe audition. Untuk pemberian efect VST sebenarnya bisa anda lakukan seperti pada gambar dibawah ini tetapi dengan catatan anda telah mengatur VST Plugginnya sehingga telah ter-integrated dengan adobe audition atau software recording yang anda gunakan


sekarang saya coba bantu bagaimana cara untuk memunculkan VST pada adobe audition
1. Masuk ke edit mode (double klik pada sampel sound)
pilih effects>Add/Remove VST Directory
klik add kemudian cari folder dimana anda menginstal VST plugginnya (biasanya C:\program files\VstPlugins) jika sudah maka klik Ok



2. pilih effects>Vst Plug-In Manager
centang VST yang ingin anda aktifkan



ayo praktek lagi!!!

8 komentar:

  1. gan, link downloadnya mana gan?

    BalasHapus
  2. http://www.indowebster.com/Native_Instruments_Guitar_Rig_3.html

    http://www.indowebster.com/Guitar_Rig_4_Part1.html
    http://www.indowebster.com/Guitar_Rig_4_Part2.html
    http://www.indowebster.com/Guitar_Rig_4_Part3.html

    itu bro,dulu ane dapet dari situ masih valid apa ga nya sekarang mf ane kurang tau

    BalasHapus
  3. wah... link hasil upload saia kok gak bilang2 ya..?? Laruku @ IDWS

    BalasHapus
  4. gan ane minta link fantasista nya dong.. abis ngak bisa download =.= di hidden ( yang fantasista italy ny gan ) :D

    BalasHapus
  5. gan ane minta link fantasista nya dong.. abis ngak bisa download =.= di hidden ( yang fantasista italy ny gan ) :D

    makasi

    BalasHapus
  6. makasih infonya gan , bermanfaat :)

    BalasHapus
  7. gan kalo untuk VST drum midi
    ada linknya gag?

    BalasHapus